http://sanitaloves.blogspot.com

Senin, 03 Oktober 2011

Rempah atau Herbal dan Akar-Akaran Yang Penting Untuk Masakan



Herbal atau tumbuhan atau akar-akaran yang penting buat masakan biasanya juga disebut dengan istilah bumbu masak. berikut adalah beberapa jenis herbal, tumbuh-tumbuhan dan akar-akaran yang biasa dipakai sebagai bumbu pada masakan
• Asam (Tamarind)
• Cengkeh
• Daun Jeruk Purut
• Daun Pandan
• Daun Salam
• Daun Suji
• Jahe
• Cumin (Jintan)
• Kapur Sirih
• Cinnamon (Kayu manis)
• Kemiri
• kencur
• Ketumbar
• Kunyit
• Lengkuas
• Lada (Merica)
• Pala (Pala)
• Lemon rumput
• Belacan (Terasi)
• Kelapa
• cabai


Asam (Tamarind) Asam adalahbuah dari pohon asam yang dikeringkan dan biasanya dijual dalam paket. bahan ini sering digunakan untuk membuat sayur asam penggunaannya adalah terlebih dahulu harus merendam 1-2 cm selama 10 menit lalu menyaring dan mempergunakan air saringan tersebut, atau langsung memasukkannya di dalam masakan.







Cengkeh (Cengkeh) Lepaskan kepala cengkeh jika Anda ingin mengurangi bau cengkeh di piring.












Daun Jeruk Purut (Jeruk purut daun) Daunnya memiliki aroma yang halus yang memberikan rasa yang khas untuk hidangan berkuah seperti soto dan rawon. Daun jeruk purut biasanya digunakan sebagai penganti daun kari atau daun salam. banyak digunakan juga untuk pembuatan sambal sebagai teman hidangan.





Daun Pandan Daun pandan memberikan rasa khas untuk makanan penutup khususnya agar-agaran, dan pembentuk warna hijau halus untuk beberapa makanan penutup. Sebagai penyedap, daun pandan bisa menjadi pengganti ekstrak vanili.

Daun salam Memberikan rasa halus untuk masakan. biasanya digunakan sebagai pengganti daun kari. pengunaaan daun salam ini sangat banyak di Indonesia. untuk mejaga rasa, biasanya daun salam disimpan dalam keadaan segar yang langsung dibekukan.










Daun Suji Daun biasanya digunakan bersama dengan penggunaan daun pandan untuk memberikan warna hijau pada makanan tertentu.













Jahe (Ginger) dalam masakan dianjurkan pengunaan jahe segar, sebab jahe yang dalam bentuk serbuk tidak dapat disamakan kualitasnya dalam hal bumbum asakan dengan jahe yang masih segar. jahe besar biasanya digunakan untuk masak dan pengunaan jahe yang kecil untuk pembuatan masakan pasta sebab rasanya yang lebih mengigit.









Jintan (cumin) Biasanya dijual di kering dan bubuk dari. Mudah untuk menemukan di supermarket atau toko Cina. Gunakan sedikit saja karena memiliki bau yang kuat.











Kapur sirih bahan yang dihasilkan dengan mengiling cangkang keranglaut ditambah sejumlah kecil air. biasanya dimakan bersamaan dengan pengunyahan pinang, gambir dan tembakau.








Kayu manis (Cinnamon) Digunakan dalam jumlah yang sangat kecil di Indonesia, tetapi bahan memasak yang sangat diperlukan.










Kemiri (Kemiri) berwarna putih dan terlihat seperti lilin, biasanya digunakan untuk sambal kemiri dan dihidangkan bersama dengan makanan berkuah seperti soto.






Kencur pengunaan kencur harus digunakan dalam jumlah sedikit dalam memasak karena rasa yang di hasilkan sangat kuat. Beberapa hidangan menggunakan banyak kencur seperti karedok.










Ketumbar pengunaan ketumbar sebaiknya dilakukan dengan menghaliskan dan kemudian mengunakannya dalam masakan. pengunaan ketumbar halus yang banyak dijual dipasaran, kurang wangi dan kurang aroma sehingga pengunaaanyya juga lebih banyak.








Kunyit berbentuk akar,penting dalam memasak bahasa Indonesia, biasanya bahan ini dijual dalam bentuk kering dan bubuk. pengunaan kunyit dalam bentuk tepung kering atau bubuk jauh lebih mudah digunakan dari kunyit segar. bahan ini berfungsi menambahkan warna kuning dan rasa pedas untuk hidangan banyak. Jika Anda membeli kunyit segar sebaiknya pilih kunyit yang berwarna gelap.

Langkuas Jika Anda membeli lengkuas segar dan Anda ingin menyimpannya untuk sementara waktu tanpa kehilangan kesegaran, simpan dalam freezer, tapi sebelum Anda melakukan itu, potong-potong kecil lengkuas tersebut sebelum Anda menyimpannya, apalagi jika Anda perlu dalam jumlah sedikit setiap kali anda mengunakannya.

Merica (Lada) Ketumbar, Jintan dan merica tiga rempah-rempah yang membentuk bagian sepenuhnya dari memasak tradisional Indonesia. Ketika Anda membeli rempah-rempah dalam jumlah besar, pastikan bahwa mereka telah dikeringkan dengan sinar matahari dan kotoran semua telah dibersihkan. tempatkan bahan ini dalam botol yang sudah disterilisasi, tutup rapat dan simpan di tempat sejuk dan kering.

Pala (Pala) Pala segar berwarna merah gelap di warna dan keras. Jika pada pala terlihat jamur segera dibuang.

Sereh (lemon grass) Digunakan di sebagian besar hidangan kari berbasis. pengunaan rumput lemon segar biasanya sebelum digunakan rumput ini terlebih dahulu diiris, ditumbuk atau dimemarkan. dipasaran sereh dapat ditemukan dalam bentuk serbuk.

Terasi (Belacan) Sebuah pasta yang berwarna gelap yang terbuat dari udang dan digunakan dalam jumlah yang sangat kecil sebagai suatu penyedap. Hal ini digunakan dalam dua bentuk, mentah dan panggang. terasi terbuat dari berbagai macam rempah dan udang.

Kelapa Bahan masakan penting untuk orang Indonesia. pengunaan susu kelapa yang biasa dikenal denganb santan dan pengunaan ampas dari kelapa setelah pengambilan santannya sangat biasa digunakan untuk bahan makanan orang Indonesia.

Cabai Salah satu bahan yang paling penting dalam bahan memasak di Indonesia, khususnya dalam pembuatan sambal. Sambal ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia sebagai teman makan sebab menghasilkan rasa yang mengundang selera makan.

Tidak ada komentar: